Kebiasaan Pagi yang Membentuk Anak Cerdas


Banyak orang tua salah paham: kecerdasan anak bukan ditentukan dari banyaknya les tambahan, melainkan dari kebiasaan sederhana yang mereka lakukan sejak pagi hari.


Dalam buku Brain Rules for Baby karya John Medina, dijelaskan bahwa rutinitas kecil yang konsisten di pagi hari mampu meningkatkan fokus, kreativitas, bahkan regulasi emosi anak. Artinya, cara anak memulai hari akan berpengaruh langsung pada kualitas otaknya sepanjang hidup.

Anak-anak kerap meniru pola hidup orang tuanya. Jika pagi mereka dipenuhi dengan tergesa-gesa, amarah, atau distraksi gadget, otak mereka belajar pola stres yang sama. Sebaliknya, jika pagi dimulai dengan kebiasaan sehat, otak mereka terlatih untuk lebih tenang, teratur, dan terbuka pada pembelajaran. Pertanyaannya, apa saja kebiasaan sederhana yang bisa menumbuhkan kecerdasan sejak pagi?

1. Tidur yang cukup sebelum bangun pagi

Menurut The Sleep Revolution karya Arianna Huffington, tidur adalah fondasi utama bagi perkembangan otak. Anak yang kurang tidur lebih sulit berkonsentrasi, mudah tantrum, dan cenderung kesulitan menyerap informasi baru. Ini bukan sekadar soal jam tidur, melainkan kualitas tidur yang ditentukan dari rutinitas malam sebelumnya.

Banyak anak yang terbiasa begadang karena orang tua sibuk dengan gawai atau televisi. Akibatnya, pagi hari mereka dimulai dengan rasa malas dan otak yang belum siap bekerja. Jika otak dipaksa belajar dalam kondisi ini, hasilnya jauh dari optimal. Anak yang terbiasa tidur cukup justru bangun lebih segar, lebih ceria, dan lebih mudah menerima stimulasi baru.

Cara paling sederhana adalah membuat rutinitas tidur yang konsisten. Alih-alih membiarkan anak mengantuk di depan layar, biasakan ritual tenang sebelum tidur. Dengan begitu, pagi mereka dimulai dengan energi penuh yang secara langsung meningkatkan kapasitas kognitif.

2. Sarapan bernutrisi

Dalam Mind, Brain, and Education Science karya Tracey Tokuhama-Espinosa, dijelaskan bahwa sarapan berperan penting dalam menjaga kestabilan gula darah yang memengaruhi fokus dan daya ingat. Anak yang sarapan sehat terbukti memiliki kemampuan akademik yang lebih baik.

Namun di banyak keluarga, sarapan sering diabaikan atau diganti dengan makanan instan. Anak mungkin merasa kenyang, tetapi otaknya tidak mendapat bahan bakar yang tepat. Hasilnya, mereka lebih cepat lelah, sulit konsentrasi, dan mudah tergoda distraksi.

Sarapan bukan berarti harus mewah. Roti gandum, buah, atau telur sudah cukup memberi energi seimbang. Kebiasaan sederhana ini membuat anak terbiasa menghargai tubuh dan pikirannya sejak pagi.

3. Membaca sebentar sebelum beraktivitas

Menurut The Read-Aloud Handbook karya Jim Trelease, membaca di pagi hari meski hanya sepuluh menit dapat merangsang imajinasi dan memperluas kosakata anak. Otak mereka seperti dipanaskan sebelum menghadapi pelajaran di sekolah.

Banyak orang tua hanya membacakan cerita malam hari, padahal pagi bisa jadi momen emas. Saat otak masih segar, anak lebih mudah menangkap nuansa bahasa dan ide-ide baru. Bahkan satu halaman cerita bisa memicu diskusi kritis sepanjang hari.

Membaca pagi bukan sekadar menambah wawasan, tetapi juga membangun kedekatan emosional. Di sela rutinitas ini, orang tua bisa menyelipkan nilai dan logika sederhana yang nantinya memperkuat cara berpikir anak.

4. Olahraga ringan atau peregangan

Dalam Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain karya John J. Ratey, terbukti bahwa aktivitas fisik meningkatkan suplai oksigen ke otak, menumbuhkan neuron baru, dan memperbaiki suasana hati.

Anak yang berangkat sekolah setelah duduk diam cenderung lesu, sementara anak yang sempat bergerak lebih aktif dan ceria. Tidak perlu olahraga berat, bahkan berjalan kaki atau peregangan ringan sudah cukup memberi efek positif.

Selain menyehatkan tubuh, kebiasaan ini melatih anak mengenali ritme tubuhnya. Mereka belajar bahwa otak yang sehat tidak bisa dipisahkan dari tubuh yang bugar.

5. Berbicara tentang rencana hari itu

Dalam How Children Succeed karya Paul Tough, komunikasi sehari-hari terbukti meningkatkan grit, rasa percaya diri, dan pemahaman anak tentang tujuan. Menyusun rencana kecil di pagi hari membantu mereka mengembangkan pemikiran strategis.

Anak yang terbiasa mendengar “Hari ini kita mau apa?” belajar memproyeksikan diri ke depan. Mereka tidak hanya menjalani rutinitas, tetapi juga memahami makna di baliknya. Ini membentuk kebiasaan refleksi sejak dini.

Selain itu, komunikasi sederhana ini memperkuat ikatan keluarga. Saat anak merasa didengar dan dilibatkan, mereka tumbuh lebih percaya diri menghadapi tantangan hari itu.

6. Membatasi paparan gadget di pagi hari

Dalam Glow Kids karya Nicholas Kardaras, paparan layar berlebihan terbukti mengganggu perkembangan korteks prefrontal, bagian otak yang bertanggung jawab atas konsentrasi dan pengendalian diri. Pagi yang dipenuhi layar justru membuat anak sulit fokus di sekolah.

Banyak orang tua memberi gadget agar anak tenang sarapan atau menunggu berangkat. Padahal, kebiasaan ini melatih otak untuk mencari distraksi sejak pagi. Anak pun lebih mudah bosan ketika tidak ada layar.

Menggantinya dengan interaksi sederhana, membaca, atau sekadar bercakap-cakap, jauh lebih bermanfaat. Anak belajar mengisi waktu dengan hal yang memberi stimulasi nyata pada otak, bukan sekadar hiburan pasif.

7. Melatih rasa syukur sejak pagi

Menurut The Optimistic Child karya Martin Seligman, melatih anak untuk menyebutkan hal-hal yang disyukuri dapat menumbuhkan optimisme dan resiliensi. Ini bukan hanya soal moral, tetapi juga strategi psikologis yang memperkuat kecerdasan emosional.

Anak yang terbiasa bersyukur lebih mudah menghadapi kegagalan, karena mereka belajar melihat sisi positif dari situasi. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membangun kebiasaan ini.

Cukup dengan mengajak anak menyebutkan tiga hal yang membuatnya bahagia hari itu. Kebiasaan kecil ini menguatkan pola pikir yang sehat, sekaligus membentuk otak yang lebih tahan terhadap stres.

Di akhir pembahasan ini, ada baiknya sesekali Anda membaca konten eksklusif di logikafilsuf. Bukan sekadar tips, melainkan wawasan yang membantu orang tua memahami logika mendidik anak dengan cara yang lebih dalam.

Pada akhirnya, kecerdasan anak tidak lahir dari hal besar, melainkan dari kebiasaan kecil yang konsisten. Lalu bagaimana dengan Anda? Kebiasaan pagi apa yang sudah berjalan di rumah Anda? Tulis di kolom komentar dan bagikan agar lebih banyak orang tua bisa terinspirasi. 

SEMINAR DEEPLEARNING


Pekalongan, 26 Juli 2025

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran seiring diterapkannya kurikulum Deeplearning Oleh Kemendikdasmen, baru-baru ini telah diselenggarakan Seminar Deeplearning yang bertempat di Hotel Marlin Wiradesa Pekalongan. 

Acara ini digagas oleh FKKS Kabupaten dan Kota Pekalongan dengan menghadirkan nara sumber Nasional Gunanto, M.Pd., CHMP.  Pada tulisan ini penulis hanya merangkum dari hasil seminar yang dihadiri oleh guru SD di kabupaten dan Kota Pekalongan sebagai bahan literasi untuk guru yang membutuhkan informasi seputar Deeplearning.
Berikut rangkuman seminar Deeplearning :

1. Pembukaan: Makna Sesungguhnya dari Belajar

Menurut Gunanto, M.Pd., esensi pendidikan bukan sekadar menyampaikan materi, melainkan membantu peserta didik memahami diri, mengembangkan diri, menyesuaikan diri, dan menyukseskan diri. Konsep ini menjadi fondasi dari pendekatan Pembelajaran Mendalam (“Deep Learning”) yang beliau ajarkan.

2. Definisi: Tri Hati dan Holistik

Gunanto mendefinisikan Pembelajaran Mendalam sebagai pendekatan yang memuliakan peserta didik melalui suasana belajar yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful). Ia menekankan keutuhan proses belajar melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olah raga (kinestetik) secara holistik dan terpadu paralel dengan konsep yang juga mulia menurut sumber-sumber pendidikan nasional yang lebih luas.

3. Kerangka Pembelajaran Mendalam

Gunanto menerapkan kerangka kerja yang menekankan:

  • Desain lingkungan pembelajaran, praktik pedagogis, kemitraan pendidikan, dan pemanfaatan digital.

  • Pengalaman belajar melalui tahapan:

    1. Memahami (foundedional, aplikatif, humanistic knowledge),

    2. Mengaplikasi (pengetahuan dalam kehidupan nyata),

    3. Merefleksi (melibatkan regulasi diri dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi).

  • Prinsip utama: mindful, meaningful, joyful.

4. Strategi Guru yang Mengesankan

Dalam workshop, Gunanto membagikan beberapa poin praktis bagi guru:

  1. Jadilah guru yang menyenangkan.

  2. Gunakan alat peraga sebagai pusat pengalaman belajar, bukan hanya buku teks.

  3. Buat pembelajaran menjadi berkesan dan bermakna, bahkan alat peraga sebaiknya "dipindahkan ke tangan anak" agar langsung dialami dan dimaknai siswa.

5. Filosofi dan Manfaat Kontekstual

Pendekatan ini bukan hanya metode—melainkan filosofi pendidikan holistik yang selaras dengan ide Ki Hajar Dewantara dan K.H. Ahmad

Dahlan, serta teori pembelajaran mendalam Marton & Säljö (1976). Tujuannya tidak hanya mengajarkan konten, tetapi mengembangkan karakter, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi dalam konteks kehidupan nyata.

Penutup

Pembelajaran Mendalam menurut Gunanto, M.Pd. bukan sekadar strategi mengajar—melainkan sebuah transformasi pendidikan yang menekankan pengalaman holistik, keterlibatan emosi, refleksi, dan makna. Ketika peserta didik belajar dalam suasana yang menyenangkan dan personal, mereka tak hanya memahami materi—melainkan tumbuh sebagai individu mandiri, kritis, dan bermakna.

Berikut saya lampirkan file Materi Seminar Deeplearning, bagi yang membutuhkan silahkan download disini :Unduh Materi Deeplearning


GELAR KARYA

Pada hari Selasa, 13 Mei 2025, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, Kota Pekalongan, menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya yang berlangsung dengan penuh semarak dan antusiasme. Acara ini merupakan bentuk apresiasi dan ruang ekspresi bagi para siswa dalam menampilkan hasil kreativitas serta bakat seni yang telah diasah selama proses pembelajaran. Gelar Karya kali ini melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 yang menampilkan berbagai bentuk seni kreasi, mulai dari tarian daerah, drama kolosal, hingga penampilan solo song yang memukau. Setiap pertunjukan menggambarkan semangat, kekompakan, dan kepercayaan diri anak-anak dalam berkarya serta menjunjung nilai budaya. Selain pertunjukan seni, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran produk dan karya siswa, hasil kolaborasi antara siswa-siswi dan paguyuban orang tua. Dalam gelar produk ini, berbagai kerajinan tangan, karya seni rupa, hingga makanan olahan khas kreasi keluarga ditampilkan dengan menarik. Ini menjadi bentuk nyata sinergi antara sekolah, siswa, dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran yang holistik. Kegiatan berlangsung dengan sangat meriah dan penuh kegembiraan. Dukungan dari para orang tua, guru, dan seluruh warga sekolah membuat acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk karya, tetapi juga momentum mempererat tali silaturahmi antarwarga sekolah dan menumbuhkan rasa percaya diri serta kebanggaan dalam diri setiap anak. Dengan kegiatan Gelar Karya ini, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang menegaskan komitmennya dalam menciptakan lingkungan belajar yang kreatif, inklusif, dan inspiratif bagi seluruh peserta didik

RAMADHAN CAMP

 

Pekalongan, 15–16 Maret 2025

Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh umat Islam di dunia menyambut bulan suci Ramadhan 1446 H. dengan suka cita. Dari mushola, masjid, sekolah, instansi pemerintah, bahkan tempat perbelanjaan ikut menyemarakkan Ramadhan dengan berbagai kegiatan. Tak terkecuali juga di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang ikut menyemarakkan Ramadhan tahun ini dengan berbagi takjil dan buka puasa bersama yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 4 , yang kemudian pada hari berikutnya siswa-siswi kelas 5 dan 6 mengikuti kegiatan Ramadhan Camp. Kegiatan ini dalam rangka menanamkan nilai-nilai keislaman yang mendalam serta memperkuat ukhuwah islamiyah di kalangan siswa dan tenaga pendidik, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan menggelar kegiatan Ramadhan Camp 2025. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15–16 Maret 2025, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1446 H, dan diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6, serta seluruh guru dan karyawan sekolah.

Ramadhan Camp 2025 mengusung semangat pembinaan karakter spiritual dan pembiasaan ibadah yang terintegrasi dengan suasana kekeluargaan dan kebersamaan. Rangkaian kegiatan yang disusun secara runtut dan bermakna ini meliputi:

  1. Buka Puasa Bersama, sebagai momen awal yang mempererat kebersamaan dan kebahagiaan dalam menyambut waktu berbuka puasa.

  2. Shalat Tarawih Berjama'ah, yang dilaksanakan dengan penuh khidmat sebagai bentuk pembiasaan ibadah malam Ramadhan.

  3. Tadarus Al-Qur’an, yang melatih peserta untuk mencintai dan membiasakan diri membaca Kalamullah secara berjamaah.

  4. Tadabur Ayat-ayat Qauliyah, sebagai ajang merenungi makna ayat-ayat Al-Qur’an dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.

  5. Sahur Bersama, yang tidak hanya memberikan energi fisik tetapi juga memperkuat nilai solidaritas dan kepedulian.

  6. Shalat Subuh Berjama'ah, dilanjutkan dengan kegiatan spiritual pagi.

  7. Kajian Syuruq, yaitu kajian ringan namun penuh hikmah yang dilaksanakan selepas Subuh hingga matahari terbit, membahas tema-tema keislaman yang relevan dan menyentuh aspek kehidupan anak-anak.

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoritis, namun juga mengalaminya secara langsung dalam bentuk kebiasaan dan pengalaman spiritual yang menyenangkan. Kehadiran guru dan karyawan sebagai pendamping sekaligus teladan memberikan nilai lebih dalam proses pembinaan karakter siswa.

Kegiatan Ramadhan Camp 2025 ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang dalam membentuk generasi muslim yang berakhlak mulia, cinta Al-Qur’an, serta mampu meneladani Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dapat dilihat secara lengkap di chanel youtube SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang melalui tautan berikut ini : Ramadhan Camp dan Berbagi Takjil

FESTIVAL SEPAK BOLA 2023

Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang paling favorit di dunia sampai saat ini, tentu saja ini karena sepak bola adalah permainan tim yang penuh dengan trik, taktik, ketrampilan dan kerjasama yang solid sehingga menciptakan permainan yang harmonis dan apik, menghibur dan enak di tonton. Sebegitu favoritnya dan maraknya demam sepak bola, banyak bermunculan sekolah-sekolah sepak bola mulai dari anak-anak sampai dewasa, tujuannya tidak lain adalah untuk memunculkan bibit-bibit sepak bola yang profesional. Senada dengan itu SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang juga terinspirasi untuk memasukkan olah raga ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler, agar bisa bersaing dan berkompetisi di event-event sepak bola.                                                       

Dalam kurun waktu 2022 sampai dengan 2023 SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang sudah beberapa kali mengikuti turnamen dan kejuaraan sepak bola usia sekolah dasar, bahkan di ajang POPDA Kecamatan Pekalongan Utara cabang sepak bola SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang berhasil keluar sebagai juara 1. Selang beberapa hari pemain SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang harus bersaing di POPDA tingkat Kota Pekalongan untuk cabang sepak bola dengan diperkuat beberapa pemain lain dan berhasil meraih juara 1 cabang sepak bola setelah mengalahkan Tim sepak bola Kecamatan Pekalongan Barat dengan skor 1 : 0.
Masih di cabang sepak bola, pada bulan Desember 2023 tepatnya hari Selasa 12 Desember 2023 digelar ajang festival Sepak Bola Ahmad Dahlan  Cup di lapangan Palapa Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara, yang diikuti oleh tim sepak bola dari SD Muhammadiyah dan 'Aisyiyah kota Pekalongan. Alhamdulillah keluar sebagai juara 1 SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang. 

Kegiatan Ahmad Dahlan Cup ini dimaksudkan sebagai ajang untuk menumbuhkan bakat dan menggali bibit sepak bola usia sekolah dasar sekaligus juga sebagai sarana silaturrahmi diantara sekolah-sekolah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Kota Pekalongan.
                                                                                                                                                                                                                      


SD MUTU KP FEST



Pada Februari 2024, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang menggelar kegiatan perdana bertajuk "SD MUTU KP FEST 2024", sebuah ajang kreatif dan kompetitif yang ditujukan bagi anak-anak usia dini, khususnya dari jenjang taman kanak-kanak (TK) di wilayah Pekalongan Utara. Kegiatan ini menjadi wujud nyata komitmen sekolah dalam membina dan mempererat hubungan dengan masyarakat serta sebagai sarana pengembangan bakat anak sejak usia dini.

SD MUTU KP FEST 2024 menghadirkan serangkaian lomba menarik dan edukatif yang meliputi lomba mewarnai, menyanyi tunggal, futsal, Da'i Cilik, dan Tahfidz Juz 30. Setiap lomba dirancang untuk menggali potensi anak dalam berbagai aspek, mulai dari seni, olahraga, keagamaan, hingga keberanian tampil di depan umum.

Antusiasme peserta sangat tinggi, terbukti dari banyaknya TK yang mendaftarkan perwakilannya dalam ajang ini. Suasana meriah dan penuh semangat terlihat sejak pagi hari, saat para peserta bersama guru pendamping dan orang tua mulai memadati area sekolah. Tepuk tangan, sorakan semangat, dan lantunan ayat suci Al-Qur’an mengisi suasana, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua yang hadir.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk promosi sekolah dalam rangka penerimaan peserta didik baru sekaligus memberikan ruang kepada peserta didik TK untuk mengenal lebih dekat tentang SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang sebagai salah satu sekolah yang memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik.

Selain sebagai ajang kompetisi, SD MUTU KP FEST 2024 juga menjadi momen silaturahmi antar lembaga pendidikan di Pekalongan Utara. Melalui kegiatan ini, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang memperkenalkan lingkungan sekolah yang menyenangkan, islami, dan penuh prestasi kepada calon siswa dan orang tua.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang terus dikembangkan dan memberikan manfaat lebih luas, tidak hanya dalam aspek prestasi, tetapi juga dalam membentuk karakter anak-anak yang berakhlak, percaya diri, dan cinta terhadap Al-Qur’an serta budaya bangsa.

LOWONGAN

 


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmaanirrahiim, Kami informasikan kepada saudara pengunjung yang kebetulan menemukan informasi ini, bahwa kami SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan saat ini membutuhkan beberapa tenaga guru untuk guru kelas 2 orang dan 1 orang untuk guru mapel PJOK. Adapun syarat dan kelengkapan dokumen bisa dikirim via POS ke alamat : SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Jl. Tentara Pelajar No. 73 A Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan, atau bisa melalui email : sdmutukp73@gmail.com. Berkas paling lambat kami terima tanggal 28 Februari 2024. Silahkan yang berminat bisa segera menyiapkan dokumen sebagaimana tertera pada pamflet kami di atas. Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 


MILAD MUHAMMADIYAH KE-111

 


Ikhtiar Menyelamatkan Semesta adalah tema milad ke-111 Muhammadiyah. Tema milad ini berakar secara historis dalam pemikiran keagamaan, ideologi dan keorganisasian di Muhammadiyah yang mengalami pematangan dari waktu ke waktu. Tema milad ini pula memiliki makna khusus bagi Muhammadiyah dan anggotanya.

Ikhtiar Menyelamatkan Semesta setidaknya terkait dengan tiga hal berikut: Pertama, pandangan Muhammadiyah tentang Islam; kedua, karakter dan watak organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah dan tajdid; ketiga, pandangan Muhammadiyah terkait problem-problem multidimensional, mulai dari krisis kemanusiaan, kemiskinan struktural, degradasi ekologi, konflik dan peperangan, hukum dan hak asasi manusia, serta berbagai hal lainnya.

SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah bidang pendidikan di tingkat Cabang pada  kesempatan Milad ini berikhtiar untuk menjadikan sekolah sebagai basis pendidikan kader dengan mengaplikasikan karakter dan nilai-nilai KeMuhammadiyahan kepada siswa dengan beberapa kegiatan yang dirangkum dalam Perkemahan Jum'at-Sabtu (Perjumsa) yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 November 2023. Kegiatan Perjumsa ini diikuti oleh siswa kelas 4 sampai kelas 6.




Kegiatan PERJUMSA ini adalah sebagai sarana pengkaderan tingkat dasar bagi para siswa untuk mengenal Muhammadiyah sekaligus membina mental dan karakter dengan bentuk kegiatan :
1. Wide Game
2. Tadabur Qur'an
3. Building Character
4. Bakti Sosial ( diarahkan ke donasi untuk Palestina )

Dalam rangkaian kegiatan PERJUMSA ini di tutup dengan upacara Milad Muhammadiyah Ke-111 sekaligus pemberian apresiasi kepada para siswa yang sudah berprestasi di berbagai cabang lomba pada tahun ini. Pada kesempatan itu kepala SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, Mubariyin, S.Pd.I.,M.Pd menyampaikan harapannya agar para siswa senantiasa selalu berbuat baik kepada orang tua, guru dan teman di sekolah maupun di rumah agar tercipta kerukunan, keharmonisan dan aktifitas belajarpun menjadi kondusif dan berdampak pada prestasi. Semua itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras semua warga sekolah.



SD MUTU KP BERTABUR PRESTASI




Pekalongan, 13 November 2023

Sebuah slogan yang barangkali tidak begitu mendunia, tetapi mampu menginspirasi dan merebak harum nama SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang di komunitas pendidikan Kota Pekalongan bahkan bisa bernaung di jagad maya. Satu slogan " SD MUTU KP JUARA " memang memiliki magnet bagi setiap siswa untuk berkesempatan menjajal dan berkompetensi dalam setiap ajang lomba baik akademik maupun non akademik. Sehingga tak heran jika setiap waktu SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang selalu berusaha untuk mengikuti event-event lomba baik tingkat kecamatan, kota, maupun propinsi, baik yang berjenjang maupun tidak berjenjang. Pada tahun 2023 ini, Alhamdulillah SD MUTU KP berhasil meraih beberapa kejuaraan baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kota Pekalongan. Sebuah pencapaian hasil kerja keras yang luar biasa dari para siswa dan guru atau pembina sehingga setiap tahun selalu membawa pulang medali maupun piala.

Ada beberapa kejuaraan dan lomba yang pada 5 bulan terakhir ini berhasil memperoleh piala dan medali, seperti di Lomba FLS2N, MAPSI, POPDA SD dan beberapa lomba tidak berjenjang yang diadakan oleh Pemerintah Kota yang di kemas dalam lomba FTBI.

Pada ajang lomba FLS2N yang diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2023 SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang berhasil meraih juara 2 Pantomim, dan pada lomba MAPSI tingkat Kota Pekalongan berhasil meraih juara 1 cabang lomba Khitobah dan juara 2 cabang lomba Macapat Islami. 

Di ajang lomba FTBI Harlian Atha Tsany berhasil juara 2 lomba dongeng. Berikutnya pada bulan September tapatnya tanggal 25 - 7 Oktober 2023 di pentas POPDA SD tingkat Kecamatan Pekalongan Utara berhasil meraih beberapa kejuaraan. Kejuaraan-kejuaraan ini berhasil diraih dalam cabang lomba : Sepak Bola, Karate, Hand Ball, Pentaque, Tenis Meja, dan woodball dll..

Masih di arena POPDA pada tanggal 23 Oktober - 5 Nopember 2023, POPDA tingkat Kota digelar. Dari serangkaian kejuaraan yang dilombakan Alhamdulillah SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang berhasil menyabet beberapa kejuaraan diantaranya ; Woodball, Tenis Meja, Sepak Bola, Pentaque, Bola Tangan, Taekwondo, Karate.

Berikut daftar prestasi SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang di kejuaraan POPDA Tingkat Kota Pekalongan.




KATA PENGANTAR

 Assalamu;alaikum Wr. Wb.


Alhamdulillah, Puja dan puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberi kenikmatan tak terhingga, shalawat dan salam semoga selalu tercurah ke junjungan kita Nabi Muhammad SAW. beserta keluarga, sahabat-sahabatnya serta umatnya yang tetap istiqamah.

Setelah beberapa tahun kita lalui dengan berbagai peristiwa dan aktivitas yang melelahkan, kini kembali SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang bisa menyapa para pengunjung dan pembaca, semoga konten yang kami sajikan bermanfaat bagi insan dunia maya sekaligus bisa berbagi pengetahuan dan informasi seputar dunia pendidikan di Kota Pekalongan khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Sosial Media

TwitterFacebookTiktokInstagramRSS FeedEmail